Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan Gojek Tokopedia (GoTo)

Nama            : Riska Ambarruni

NIM               : 18010174

Kelas             : 302E Manajemen Sabtu STIE MBI

 

Definisi Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis atau feasibility study adalah suatu kegiatan yang isinya mempelajari secara mendalam tentang kegiatan bisnis atau usaha yang akan dijalankan demi menentukan kelayakan usaha dari aspek-aspek yang mendukung bisnis. Tujuan utamanya adalah mengukur apakah bisnis bisa berjalan sesuai yang diharapkan atau berhenti ditengah jalan.

Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berdasarkan analisa manfaat biaya dari bisnis yang nyata atau kelangsungan hidup proyek itu. Studi kelayakan itu diadakan selama masa pertimbangan dari siklus pendirian bisnis, sebelum awal dari perencanaan bisnis formal.

 

Di bawah ini merupakan definisi studi kelayakan bisnis menurut para ahli yang dapat Anda simak :

1. Menurut Rengkuti 

Studi kelayakan bisnis dan investasi yaitu  kegiatan untuk menganalisis apakah suatu proyek dapat dilaksanakan atau tidak. Adapun proyek bisnis yang dianalisis meliputi proyek bisnis dan proyek invetasi yang bertujuan sebagian bisnis dan sebagian sosial misalnya proyek investasi terkait pembangunan jalan tol, terminal, kawasan industri, dan beberapa proyek investasi lainnya.

2. Menurut Ibrahim

Studi kelayakan binis merupakan aktivitas guna mengukur seberapa manfaat yang bisa dihasilkan dalam melakukan suatu kegiatan proyek atau bisnis. Studi kelayakan bisnis yaitu pengkajian terkait bisa atau tidaknya suatu bisnis. Dengan adanya keberhasilan dianalisis memberi manfaat ekonomis.

3. Menurut Suliyanto

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu riset yang memiliki tujuan untuk pengambilan keputusan terkait suatu ide bisnis yang layak untuk dilakukan atau tidak. Suatu ide disebutkan layak untuk dilakukan apabila menghasilkan manfaat yang besar untuk semua pihak (stakeholder) dibandingkan dampak buruk yang diciptakan.

4. Menurut Jumingan

Studi kelayakan bisnis yaitu suatu penelitian mengenai dapat atau tidaknya suatu bisnis dilaksanakan secara berhasil. Sebuah proyek memiliki makna suatu pendirian atau pengenalan barang/jasa yang baru ke dalam suatu produk  yang telah ada pada saat ini.

5. Menurut Sunyoto

Studi kelayakan bisnis merupakan riset terhadap projek yang tidak hanya untuk menilai layak atau tidaknya suatu bisnis (project) dibangun, akan tetapi juga dioperasikan secara rutin guna untuk pencapaian keuntungan yang banyak untuk waktu yang tidak ditentukan.

 

RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS

1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan atas laporan SKB karena ia akan menilai manfaat apa yang akan diperolehnya apabila menanamkan dana pada proyek ybs.

2. Pihak Kreditor Pihak kreditor berkepentingan dalam menilai kelayakan proyek, termasuk penilaian mengenai kemampuan proyek dalam pemenuhan kewajiban kepada kreditor. Disamping itu, untuk kreditor Bank juga akan melakukan penilaian mengenai bonafiditas & kompetensi pemilik proyek & pengurus, serta kualitas & kuantitas agunan yang diserahkan sebagai jaminan kredit.

3. Pihak Manajemen Perusahaan Biasanya pihak manajemen perusahaan berkepentingan dalam kaitan rencana perluasan / pengembangan usaha di masa mendatang.

4. Pihak Pemerintah Pihak pemerintah memerlukan laporan SKB antara lain terkait dengan apakah proyek yang akan direalisasikan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah.

5. Pihak Masyarakat Masyarakat perlu menilai apakah suatu proyek layak didirikan, misalnya terkait dengan : - Apakah proyek tidak membahayakan bagi masyarakat sekitar ( misalnya : polusi, dll ); - Apakah proyek dapat meningkatkan pendapatan & kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

 

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis memilki  tujuan penting untuk pihak pihak tertentu. Adaputujuan hukum bisnis adalah :

Bagi Investor

Studi kelayakan bisnis ditujukan untuk melakukan penilaian dari kelayakan usaha atau proyek atau proyek untuk menjadi masukan yang berguna karena sudah mengkaji berbagai  aspek seperti aspek pasar, aspek teknis dan operasi, aspek organisasi dan manajemen, aspek lingkungan dan aspek finansia secara komprehsif dan setail sehingga dapat dijadikan dasar bagi investor untuk membuat keputusan investasi secara lebih objektif.

Bagi Analisis

Studi kelayakan bisnis adalah suatu alat yang berguna yang dapat dipakai sebagai penunjang  kelancaran tugas tugasnya dalam melakukan penilaian suatu usaha baru, pemgemabangan usaha atau menilai kembali usaha yang sudah ada.

Bagi MAsyarakat

Hasil studi kelayakan bisnis merupakan suatu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat  baik yang terlibat langsung maupun yang mucul diakibat  adanya nilai tambah sebagai akibat dari adanya usaha atau proyek tersebut

Bagi Pemerintah

Sudut pandang Mikro: dari sudut pandang mikro hasil studi kelayakan ini bagi pemerintah terutama untuk tujuan pengembangan sumber daya baik dalam pemanfaatan sumber sumber alam maupun sumber daya manusia, berupa penyerapan tenaga kerja.

 

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

ada lima tujuan mengapa studi kelayakan perlu dilakukan sebelum melakukan sebuah proyek atau usaha, antara lain:

  • Menghindari Resiko Kerugian

Tujuan pertama yaitu untuk meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. Kondisi masa yang akan datang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil resiko

  • Mempermudah Perencanaan

Dengan adanya ramalan untuk masa yang akan datang, maka mempermudah perencanaan. Perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan.

  • Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

Perencanaan yang disusun dapat mempermudah penerapan nya, proses bisnis dapat dilakukan secara tersusun sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan, sehingga rencana bisnis dapat tercapai sesuai dengan apa yang di rencanakan. Hasil dari studi ini bisa memberikam tambahan gambaran untuk hal yang sebelumnya tidak diprediksi.

  • Memudahkan Pengawasan

Dengan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah. Pengawasan dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

  • Memudahkan Pengendalian

Bila terjadi penyimpangan, akan mudah untuk memperbaikinya dan dapat langsung untuk dikendalikan sehingga tidak terlalu jauh penyimpangan yang terjadi.

Feasibility studi adalah rangkaian analisis yang dilakukan untuk memastikan kualitas konsep yang ditawarkan. Proses analisis setiap aspek saling keterkaitan antara satu aspek dengan aspek lainnya sehingga hasil analisis aspek-aspek tersebut menjadi terintegrasi.

 

sumber foto : google

Perusahaan GoTo (Gojek Tokopedia)

Dua raksasa digital itu akhirnya resmi bergabung kemarin, Gojek dan Tokopedia membentuk entitas gabungan bernama GoTo. Bisnisnya menjangkau layanan on-demand, keuangan, dan e-commerce. Dalam waktu dekat, GoTo akan melakukan penawaran saham perdana alias IPO di lantai bursa Indonesia dan Amerika Serikat. Valuasinya diperkirakan mencapai US$ 40 miliar atau Rp 571 triliun.

Untuk melakukan studi kelayakan bisnis terhadap perusahaan GoTo ini bisa ditnjau dari berbagai aspek

Aspek Manajemen

Dalam menjalankan bisnisnya, GoTo dipimpin oleh dua perwakilan Gojek dan Tokopedia. Andre Soelistyo dari Gojek sebagai CEO Grup GoTo dan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo

sumber foto : google

Aspek Legalitas

Dalam kasus merger Gojek dan Tokopedia, keduanya melakukan penggabungan dengan nama perusahaan GoTo Grup. Menurut CEO GoTo Andre Soelistyo, GoTo merupakan induk usaha dari sejumlah perusahaan operasional dibawah Gojek dan Tokopedia. Nantinya perusahaan GoTo Grup akan membawahi tiga subholding, diantaranya Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Hal inilah yang membuat Gojek maupun Tokopedia akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri meskipun telah terjadi merger. Jadi, kedua perusahaan tidak lagi berdiri sebagai perusahaan induk melainkan berubah kedudukan menjadi anak perusahaan dibawah naungan GoTo Grup.

Perubahan yang terjadi karena merger dari mulai nama perusahaan hingga jajaran direksi dan manajemen tersebut juga harus disertai dengan perubahan dalam anggaran dasar perusahaan. Menurut Pasal 21 UUPT, perubahan anggaran dasar tertentu harus dengan persetujuan menteri. Perubahan anggaran dasar tertentu yang dimaksud meliputi:
a.    Nama perseroan dan/atau tempat kedudukan perseroan.
b.    Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan.
c.    Jangka waktu berdirinya perseroan.
d.    Besarnya modal dasar.
e.    Pengurangan modal ditempatkan dan disetor.
f.    Status perseroan yang tertutup menjadi perseroan terbuka atau sebaliknya.


Selain perubahan anggaran dasar yang di atas, perusahaan tidak perlu meminta persetujuan menteri dan cukup melakukan pemberitahuan. Namun, perubahan anggaran dasar tersebut harus dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris berbahasa Indonesia.

perubahan anggaran dasar dan membutuhkan layanan notaris dari mulai Perubahan Nama, Perubahan Tempat Kedudukan, Perubahan Jenis Perseroan, hingga peralihan saham, Kontrak Hukum dapat membantu Sobat KH untuk membuat akta notaris. Kontrak Hukum telah dipercaya oleh lebih dari puluhan partner perusahaan besar di Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan hukum mereka secara cepat, mudah, dan terjangkau sehingga Sobat KH tidak perlu khawatir menggunakan jasa layanan notaris dari Kontrak Hukum. Proses pengerjaan juga akan dilakukan secara cepat dan efisien oleh ahli hukum yang profesional. Yang paling penting, Kontrak Hukum menjamin data serta informasi Sobat KH aman serta terlindungi.

Setelah dimuat dalam akta notaris, perusahaan juga harus melakukan permohonan persetujuan perubahan anggaran dasar kepada menteri, paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal akta notaris yang memuat perubahan anggaran dasar. Apabila melewati batas waktu yang ditentukan, permohonan persetujuan atau pemberitahuan perubahan anggaran dasar tidak dapat diajukan atau disampaikan kepada menteri. Permohonan persetujuan atas perubahan anggaran dasar dapat ditolak apabila

a.    Bertentangan dengan ketentuan mengenai tata cara perubahan anggaran dasar.
b.    Isi perubahan bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, ketertiban umum, dan/atau kesusilaan.
c.    Terdapat keberatan dari kreditor atas keputusan RUPS mengenai pengurangan modal.

Aspek Pasar dan Pemasaran

Merger dua perusahaan teknologi Indonesia ini disertai sejumlah target. Salah satunya, ingin berkontribusi 2 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta membuka lebih banyak lapangan kerja.

Saat ini, Grup GoTo punya Total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari 22 miliar dolar AS pada tahun 2020, lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020, lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020, dan lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant)

Selanjutnya, lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU), dan kontribusi sebesar 2 persen kepada total PDB Indonesia (Indonesia memiliki PDB lebih dari 1 triliun dolar AS).

Target berikutnya, Grup GoTo akan terus mengembangkan bisnisnya di pasar non-Indonesia yang tumbuh pesat di mana Gojek beroperasi. Grup GoTo akan menjadikan pengiriman di hari yang sama untuk layanan e-commerce (same-day-ecommerce delivery).

Selain itu, GoTo juga akan makin meningkatkan layanan pembayaran dan keuangannya untuk dapat menjangkau sekitar 140 juta masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses sistem keuangan di Indonesia (underserved segments).

Gojek dan Tokopedia didirikan lebih dari satu dekade yang lalu dan telah membuka manfaat ekonomi digital bagi konsumen, mitra driver, dan penjual (merchant) di semua skala bisnis di Asia Tenggara.

Sebelumnya, kedua perusahaan ini pertama kali bekerja sama pada tahun 2015 untuk mempercepat layanan pengiriman e-commerce menggunakan jaringan mitra driver Gojek.

 

sumber foto : pribadi

Dampak dari merger nya Perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo)

Pertama, usai merger, bila perusahaan jadi melakukan penawaran saham ke publik (Initial Public Offering/IPO), maka pendanaan yang mereka himpun bisa lebih besar.

Pada kondisi ini, ada dua kemungkinan, yaitu bisa saja meningkatkan promo hingga diskon tarif kepada pengguna. Sebab, semakin banyak sumber dana yang bisa 'dibakar untuk memenangkan hati pasar'.

Tapi, karena IPO, ada pertanggungjawaban ke publik, bisa juga sebaliknya. Promo hingga diskon jadi terbatas karena perusahaan harus berorientasi kepada profit alias keuntungan karena sahamnya sudah dipegang oleh publik.

"Maka promonya sendiri itu mungkin akan berkurang karena sudah berorientasi pada profitabilitas, apalagi nanti kalau sudah mulai dibuka ke publik, IPO, tuntutan dari investor publik akan lebih banyak mendorong untuk mencari profitabilitas. Ini yang nanti jadi pertanyaan apakah konsumen akan loyal? Ini akan terlihat beberapa bulan atau tahun ke depan,"


Kedua, usai merger, ada kemungkinan kedua perusahaan akan lebih mengembangkan kelogistikan yang terintegrasi, sehingga tetap ada potensi layanan ongkos kirim alias ongkir jadi lebih murah bagi pengguna. Khususnya untuk pengiriman barang belanjaan di Tokopedia karena bisa memanfaatkan jaringan kelogistikan dari Gojek.

Ketiga, sistem pembayaran dan pinjam meminjam (peer-to-peer lending) bisa jadi semakin kuat dan gencar ditawarkan ke pengguna.

"Jadi ke depan, sangat mungkin orang beli barang di Tokopedia bisa menggunakan skema kredit dari Gopay, jadi dia tidak hanya sistem pembayaran tapi juga P2P karena sudah ada PayLater,"

Selain tiga hal itu, ada pula dampak negatif dari merger ini. Belajar dari perkembangan perusahaan digital di China yang dikuasai oleh segelintir pemain besar, hal ini bisa memicu terciptanya persaingan yang kurang sehat.

"Ini bisa mengulang kasus di China, mungkin tidak mirip, tapi hampir sama, di mana salah satu kelemahan sistem digital yang terintegrasi ke segelintir pemain, itu bisa menghambat inovasi pemain baru. Masalah lain antitrust terkait monopoli pasar digital,"

bila pasar digital sudah terlanjur dikuasai pemain besar, maka pemain kecil akan sulit berkembang. Sekalipun mereka berani masuk ke pasar dan punya inovasi yang bagus, belum tentu hal itu dilirik pasar karena sudah bergantung pada ekosistem yang lebih luas dari pemain-pemain besar.

"Ini membuat switching cost orang untuk pindah dari satu platform ke platform lain menjadi mahal, sulit,"

melihat dampak jangka pendek merger Gojek dan Tokopedia sudah pasti akan menguntungkan konsumen. Sebab, mereka akan semakin mengambil hati pasar dulu.
"Konsumen akan diuntungkan dengan adanya persaingan dalam hal harga, seperti diskon, gratis ongkir, hingga cashback, yang saya rasa masih akan digunakan untuk bersaing," tutur Huda.

 
Kesimpulan

Studi kelayakan bisnis penting untuk pengembangan bisns dan strategi bisnis. Aspek ini berguna untuk menentukan di mana dan bagaimana cara kerjanya sebuah bisnis itu sendiri. Melakukan hal ini juga bisa mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin mengganggu pengoperasian, sekaligus mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membuat bisnis berjalan.

Selain itu, studi ini juga ditujukan untuk strategi pemasaran yang bisa membantu untuk meyakinkan investor atau bank agar berinvestasi di sebuah proyek atau bisnis khusus, bahwa apa yang mereka lakukan adalah langkah bijak.

Pengetahuan mendasar tentang kelayakan bisnis adalah aspek penting dalam berbisnis yang sudah harus kamu kuasai, agar bisnis plan kamu semakin matang dan bisnis kamu bisa berjalan semakin lancar. Begitu pentingnya manfaat studi kelayanan bisnis sehingga semua perusahaan besar pasti menerapkannya.

Dari mergernya perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo), merupakan perusahaan unicorn digital terbesar di ndonesia itu akan mempengaruhi pasar modal ndonesia, mitra driver karna pembayaran makin sangat mudah, pengiriman tokopedia bisa lewat tokopedia, perushaan internet pun akan mengikuti dampaknya, dan bagi para konsumen masyarakat akan mendapatkan keuntungan berupa kemudahan dan promo promo yang diberikan

 

Daftar Pustaka

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210518065203-92-643595/membaca-tujuan-dan-dampak-merger-gojek-tokopedia/2.

https://www.itworks.id/39968/ini-target-dari-merger-gojek-tokopedia.html

https://www.calonmanejer.com/2019/03/ruang-lingkup-studi-kelayakan-bisnis.html

https://slideplayer.info/slide/2777229/

https://www.bernas.id/80205-pengertian-studi-kelayakan-bisnis-definisi-aspek-tujuan-manfaat-dan-langkah-langkahnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar