Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan Gojek Tokopedia (GoTo)
Nama : Riska Ambarruni
NIM : 18010174
Kelas : 302E Manajemen Sabtu STIE MBI
Definisi Studi Kelayakan Bisnis
Studi kelayakan bisnis atau feasibility study adalah suatu kegiatan yang isinya mempelajari secara mendalam tentang kegiatan bisnis atau usaha yang akan dijalankan demi menentukan kelayakan usaha dari aspek-aspek yang mendukung bisnis. Tujuan utamanya adalah mengukur apakah bisnis bisa berjalan sesuai yang diharapkan atau berhenti ditengah jalan.
Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berdasarkan analisa manfaat biaya dari bisnis yang nyata atau kelangsungan hidup proyek itu. Studi kelayakan itu diadakan selama masa pertimbangan dari siklus pendirian bisnis, sebelum awal dari perencanaan bisnis formal.
Di bawah ini merupakan definisi studi kelayakan bisnis menurut para ahli yang dapat Anda simak :
1. Menurut Rengkuti
Studi kelayakan bisnis dan investasi yaitu kegiatan untuk menganalisis apakah suatu proyek dapat dilaksanakan atau tidak. Adapun proyek bisnis yang dianalisis meliputi proyek bisnis dan proyek invetasi yang bertujuan sebagian bisnis dan sebagian sosial misalnya proyek investasi terkait pembangunan jalan tol, terminal, kawasan industri, dan beberapa proyek investasi lainnya.
2. Menurut Ibrahim
Studi kelayakan binis merupakan aktivitas guna mengukur seberapa manfaat yang bisa dihasilkan dalam melakukan suatu kegiatan proyek atau bisnis. Studi kelayakan bisnis yaitu pengkajian terkait bisa atau tidaknya suatu bisnis. Dengan adanya keberhasilan dianalisis memberi manfaat ekonomis.
3. Menurut Suliyanto
Studi kelayakan bisnis merupakan suatu riset yang memiliki tujuan untuk pengambilan keputusan terkait suatu ide bisnis yang layak untuk dilakukan atau tidak. Suatu ide disebutkan layak untuk dilakukan apabila menghasilkan manfaat yang besar untuk semua pihak (stakeholder) dibandingkan dampak buruk yang diciptakan.
4. Menurut Jumingan
Studi kelayakan bisnis yaitu suatu penelitian mengenai dapat atau tidaknya suatu bisnis dilaksanakan secara berhasil. Sebuah proyek memiliki makna suatu pendirian atau pengenalan barang/jasa yang baru ke dalam suatu produk yang telah ada pada saat ini.
5. Menurut Sunyoto
Studi kelayakan bisnis merupakan riset terhadap projek yang tidak hanya untuk menilai layak atau tidaknya suatu bisnis (project) dibangun, akan tetapi juga dioperasikan secara rutin guna untuk pencapaian keuntungan yang banyak untuk waktu yang tidak ditentukan.
RUANG LINGKUP STUDI KELAYAKAN BISNIS
1. Pihak Investor Pihak investor ( pemilik modal ) sangat berkepentingan atas laporan SKB karena ia akan menilai manfaat apa yang akan diperolehnya apabila menanamkan dana pada proyek ybs.
2. Pihak Kreditor Pihak kreditor berkepentingan dalam menilai kelayakan proyek, termasuk penilaian mengenai kemampuan proyek dalam pemenuhan kewajiban kepada kreditor. Disamping itu, untuk kreditor Bank juga akan melakukan penilaian mengenai bonafiditas & kompetensi pemilik proyek & pengurus, serta kualitas & kuantitas agunan yang diserahkan sebagai jaminan kredit.
3. Pihak Manajemen Perusahaan Biasanya pihak manajemen perusahaan berkepentingan dalam kaitan rencana perluasan / pengembangan usaha di masa mendatang.
4. Pihak Pemerintah Pihak pemerintah memerlukan laporan SKB antara lain terkait dengan apakah proyek yang akan direalisasikan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan dan kebijakan pemerintah.
5. Pihak Masyarakat Masyarakat perlu menilai apakah suatu proyek layak didirikan, misalnya terkait dengan : - Apakah proyek tidak membahayakan bagi masyarakat sekitar ( misalnya : polusi, dll ); - Apakah proyek dapat meningkatkan pendapatan & kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.
Tujuan Studi Kelayakan Bisnis
Studi kelayakan bisnis memilki tujuan penting untuk pihak pihak tertentu. Adaputujuan hukum bisnis adalah :
Bagi Investor
Studi kelayakan bisnis ditujukan untuk melakukan penilaian dari kelayakan usaha atau proyek atau proyek untuk menjadi masukan yang berguna karena sudah mengkaji berbagai aspek seperti aspek pasar, aspek teknis dan operasi, aspek organisasi dan manajemen, aspek lingkungan dan aspek finansia secara komprehsif dan setail sehingga dapat dijadikan dasar bagi investor untuk membuat keputusan investasi secara lebih objektif.
Bagi Analisis
Studi kelayakan bisnis adalah suatu alat yang berguna yang dapat dipakai sebagai penunjang kelancaran tugas tugasnya dalam melakukan penilaian suatu usaha baru, pemgemabangan usaha atau menilai kembali usaha yang sudah ada.
Bagi MAsyarakat
Hasil studi kelayakan bisnis merupakan suatu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat baik yang terlibat langsung maupun yang mucul diakibat adanya nilai tambah sebagai akibat dari adanya usaha atau proyek tersebut
Bagi Pemerintah
Sudut pandang Mikro: dari sudut pandang mikro hasil studi kelayakan ini bagi pemerintah terutama untuk tujuan pengembangan sumber daya baik dalam pemanfaatan sumber sumber alam maupun sumber daya manusia, berupa penyerapan tenaga kerja.
Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
ada lima tujuan mengapa studi kelayakan perlu dilakukan sebelum melakukan sebuah proyek atau usaha, antara lain:
- Menghindari Resiko Kerugian
Tujuan pertama yaitu untuk meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. Kondisi masa yang akan datang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil resiko
- Mempermudah Perencanaan
Dengan adanya ramalan untuk masa yang akan datang, maka mempermudah perencanaan. Perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan.
- Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan
Perencanaan yang disusun dapat mempermudah penerapan nya, proses bisnis dapat dilakukan secara tersusun sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan, sehingga rencana bisnis dapat tercapai sesuai dengan apa yang di rencanakan. Hasil dari studi ini bisa memberikam tambahan gambaran untuk hal yang sebelumnya tidak diprediksi.
- Memudahkan Pengawasan
Dengan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah. Pengawasan dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
- Memudahkan Pengendalian
Bila terjadi penyimpangan, akan mudah untuk memperbaikinya dan dapat langsung untuk dikendalikan sehingga tidak terlalu jauh penyimpangan yang terjadi.
Feasibility studi adalah rangkaian analisis yang dilakukan untuk memastikan kualitas konsep yang ditawarkan. Proses analisis setiap aspek saling keterkaitan antara satu aspek dengan aspek lainnya sehingga hasil analisis aspek-aspek tersebut menjadi terintegrasi.
Perusahaan GoTo (Gojek Tokopedia)
Dua raksasa digital itu akhirnya resmi bergabung kemarin, Gojek dan Tokopedia membentuk entitas gabungan bernama GoTo. Bisnisnya menjangkau layanan on-demand, keuangan, dan e-commerce. Dalam waktu dekat, GoTo akan melakukan penawaran saham perdana alias IPO di lantai bursa Indonesia dan Amerika Serikat. Valuasinya diperkirakan mencapai US$ 40 miliar atau Rp 571 triliun.
Untuk melakukan studi kelayakan bisnis terhadap perusahaan GoTo ini bisa ditnjau dari berbagai aspek
Aspek Manajemen
Dalam menjalankan bisnisnya, GoTo dipimpin oleh dua perwakilan Gojek dan Tokopedia. Andre Soelistyo dari Gojek sebagai CEO Grup GoTo dan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo
sumber foto : google
Aspek Legalitas
Dalam kasus merger Gojek dan Tokopedia, keduanya melakukan penggabungan dengan nama perusahaan GoTo Grup. Menurut CEO GoTo Andre Soelistyo, GoTo merupakan induk usaha dari sejumlah perusahaan operasional dibawah Gojek dan Tokopedia. Nantinya perusahaan GoTo Grup akan membawahi tiga subholding, diantaranya Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Hal inilah yang membuat Gojek maupun Tokopedia akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri meskipun telah terjadi merger. Jadi, kedua perusahaan tidak lagi berdiri sebagai perusahaan induk melainkan berubah kedudukan menjadi anak perusahaan dibawah naungan GoTo Grup.
Perubahan
yang terjadi karena merger dari mulai nama perusahaan hingga jajaran direksi
dan manajemen tersebut juga harus disertai dengan perubahan dalam anggaran
dasar perusahaan. Menurut Pasal 21 UUPT, perubahan anggaran dasar tertentu
harus dengan persetujuan menteri. Perubahan anggaran dasar tertentu yang
dimaksud meliputi:
a. Nama perseroan dan/atau tempat kedudukan perseroan.
b. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan.
c. Jangka waktu berdirinya perseroan.
d. Besarnya modal dasar.
e. Pengurangan modal ditempatkan dan disetor.
f. Status perseroan yang tertutup menjadi perseroan terbuka
atau sebaliknya.
Selain perubahan anggaran dasar yang di atas, perusahaan tidak perlu meminta
persetujuan menteri dan cukup melakukan pemberitahuan. Namun, perubahan
anggaran dasar tersebut harus dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris
berbahasa Indonesia.
perubahan
anggaran dasar dan membutuhkan layanan notaris dari mulai Perubahan Nama,
Perubahan Tempat Kedudukan, Perubahan Jenis Perseroan, hingga peralihan saham,
Kontrak Hukum dapat membantu Sobat KH untuk membuat akta notaris. Kontrak Hukum
telah dipercaya oleh lebih dari puluhan partner perusahaan besar di Indonesia
dalam menyelesaikan permasalahan hukum mereka secara cepat, mudah, dan
terjangkau sehingga Sobat KH tidak perlu khawatir menggunakan jasa layanan
notaris dari Kontrak Hukum. Proses pengerjaan juga akan dilakukan secara cepat
dan efisien oleh ahli hukum yang profesional. Yang paling penting, Kontrak
Hukum menjamin data serta informasi Sobat KH aman serta terlindungi.
Setelah dimuat dalam akta notaris, perusahaan juga harus melakukan permohonan
persetujuan perubahan anggaran dasar kepada menteri, paling lambat 30 hari
terhitung sejak tanggal akta notaris yang memuat perubahan anggaran dasar.
Apabila melewati batas waktu yang ditentukan, permohonan persetujuan atau
pemberitahuan perubahan anggaran dasar tidak dapat diajukan atau disampaikan
kepada menteri. Permohonan persetujuan atas perubahan anggaran dasar dapat
ditolak apabila
a.
Bertentangan dengan ketentuan mengenai tata cara perubahan anggaran dasar.
b. Isi perubahan bertentangan dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan, ketertiban umum, dan/atau kesusilaan.
c. Terdapat keberatan dari kreditor atas keputusan RUPS
mengenai pengurangan modal.
Aspek Pasar dan Pemasaran
Merger dua perusahaan teknologi Indonesia ini disertai sejumlah target. Salah satunya, ingin berkontribusi 2 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta membuka lebih banyak lapangan kerja.
Saat ini, Grup GoTo punya Total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari 22 miliar dolar AS pada tahun 2020, lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020, lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020, dan lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant)
Selanjutnya, lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (MAU), dan kontribusi sebesar 2 persen kepada total PDB Indonesia (Indonesia memiliki PDB lebih dari 1 triliun dolar AS).
Target berikutnya, Grup GoTo akan terus mengembangkan bisnisnya di pasar non-Indonesia yang tumbuh pesat di mana Gojek beroperasi. Grup GoTo akan menjadikan pengiriman di hari yang sama untuk layanan e-commerce (same-day-ecommerce delivery).
Selain itu, GoTo juga akan makin meningkatkan layanan pembayaran dan keuangannya untuk dapat menjangkau sekitar 140 juta masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses sistem keuangan di Indonesia (underserved segments).
Gojek dan Tokopedia didirikan lebih dari satu dekade yang lalu dan telah membuka manfaat ekonomi digital bagi konsumen, mitra driver, dan penjual (merchant) di semua skala bisnis di Asia Tenggara.
Sebelumnya, kedua perusahaan ini pertama kali bekerja sama pada tahun 2015 untuk mempercepat layanan pengiriman e-commerce menggunakan jaringan mitra driver Gojek.
Dampak dari merger nya Perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo)
Pertama, usai merger, bila
perusahaan jadi melakukan penawaran saham ke publik (Initial Public
Offering/IPO), maka pendanaan yang mereka himpun bisa lebih besar.
Pada kondisi ini, ada dua kemungkinan, yaitu bisa saja meningkatkan promo
hingga diskon tarif kepada pengguna. Sebab, semakin banyak sumber dana yang
bisa 'dibakar untuk memenangkan hati pasar'.
Tapi, karena IPO, ada
pertanggungjawaban ke publik, bisa juga sebaliknya. Promo hingga diskon jadi
terbatas karena perusahaan harus berorientasi kepada profit alias keuntungan
karena sahamnya sudah dipegang oleh publik.
"Maka promonya sendiri itu mungkin akan berkurang karena sudah
berorientasi pada profitabilitas, apalagi nanti kalau sudah mulai dibuka ke publik,
IPO, tuntutan dari investor publik akan lebih banyak mendorong untuk mencari
profitabilitas. Ini yang nanti jadi pertanyaan apakah konsumen akan loyal? Ini
akan terlihat beberapa bulan atau tahun ke depan,"
Kedua, usai merger, ada kemungkinan kedua perusahaan akan lebih mengembangkan
kelogistikan yang terintegrasi, sehingga tetap ada potensi layanan ongkos kirim
alias ongkir jadi lebih murah bagi pengguna. Khususnya untuk pengiriman barang
belanjaan di Tokopedia karena bisa memanfaatkan jaringan kelogistikan dari
Gojek.
Ketiga, sistem pembayaran dan pinjam meminjam (peer-to-peer lending) bisa jadi
semakin kuat dan gencar ditawarkan ke pengguna.
"Jadi ke depan, sangat mungkin orang beli barang di Tokopedia bisa
menggunakan skema kredit dari Gopay, jadi dia tidak hanya sistem pembayaran
tapi juga P2P karena sudah ada PayLater,"
Selain tiga hal itu, ada pula dampak negatif dari merger ini. Belajar dari
perkembangan perusahaan digital di China yang dikuasai oleh segelintir pemain
besar, hal ini bisa memicu terciptanya persaingan yang kurang sehat.
"Ini bisa mengulang kasus di China, mungkin tidak mirip, tapi hampir sama,
di mana salah satu kelemahan sistem digital yang terintegrasi ke segelintir
pemain, itu bisa menghambat inovasi pemain baru. Masalah lain antitrust terkait
monopoli pasar digital,"
bila pasar digital sudah terlanjur dikuasai pemain besar, maka pemain kecil
akan sulit berkembang. Sekalipun mereka berani masuk ke pasar dan punya inovasi
yang bagus, belum tentu hal itu dilirik pasar karena sudah bergantung pada
ekosistem yang lebih luas dari pemain-pemain besar.
"Ini membuat switching cost orang untuk pindah dari satu platform ke
platform lain menjadi mahal, sulit,"
melihat dampak jangka pendek merger Gojek dan Tokopedia sudah pasti akan
menguntungkan konsumen. Sebab, mereka akan semakin mengambil hati pasar dulu.
"Konsumen akan diuntungkan dengan adanya persaingan dalam hal harga,
seperti diskon, gratis ongkir, hingga cashback, yang saya rasa masih akan
digunakan untuk bersaing," tutur Huda.
Kesimpulan
Studi kelayakan bisnis penting untuk pengembangan bisns dan strategi bisnis. Aspek ini berguna untuk menentukan di mana dan bagaimana cara kerjanya sebuah bisnis itu sendiri. Melakukan hal ini juga bisa mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin mengganggu pengoperasian, sekaligus mengetahui jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membuat bisnis berjalan.
Selain itu, studi ini juga ditujukan untuk strategi pemasaran yang bisa membantu untuk meyakinkan investor atau bank agar berinvestasi di sebuah proyek atau bisnis khusus, bahwa apa yang mereka lakukan adalah langkah bijak.
Pengetahuan mendasar tentang kelayakan bisnis adalah aspek penting dalam berbisnis yang sudah harus kamu kuasai, agar bisnis plan kamu semakin matang dan bisnis kamu bisa berjalan semakin lancar. Begitu pentingnya manfaat studi kelayanan bisnis sehingga semua perusahaan besar pasti menerapkannya.
Dari mergernya perusahaan Gojek dan Tokopedia (GoTo), merupakan perusahaan unicorn digital terbesar di ndonesia itu akan mempengaruhi pasar modal ndonesia, mitra driver karna pembayaran makin sangat mudah, pengiriman tokopedia bisa lewat tokopedia, perushaan internet pun akan mengikuti dampaknya, dan bagi para konsumen masyarakat akan mendapatkan keuntungan berupa kemudahan dan promo promo yang diberikan
Daftar Pustaka
https://www.itworks.id/39968/ini-target-dari-merger-gojek-tokopedia.html
https://www.calonmanejer.com/2019/03/ruang-lingkup-studi-kelayakan-bisnis.html
https://slideplayer.info/slide/2777229/
Komentar
Posting Komentar